Img

KAI Logistik dan PT Mitra Garuda Palapa Resmikan Kerjasama Angkutan Limbah B3

Bertempat di Bogor Raya Golf Club, pada hari Senin (14/12) telah dilaksanakan peresmian kerjasama antara KAI Logistik dan PT Mitra Garuda Palapa (MGP) tentang angkutan limbah B3 dengan moda KA. Peresmian kerjasama ditandai dengan seremoni penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Plt. Direktur Operasi dan Pemasaran (GO) mewakili KAI Logistik dan M. Falah, Direktur Utama MGP. Rangkaian seremonial dilanjutkan dengan prosesi pemotongan tumpeng serta pengguntingan pita oleh GO dan Direktur MGP serta pemukulan gong oleh Direktur Utama MGP.

Dalam sambutannya, GO mewakili GU mengungkapkan “KAI Logistik telah membuktikan kapabilitasnya dalam distribusi logistik berbasis KA salah satunya melalui angkutan Limbah B3 yang telah memiliki izin dan rekomendasi dari Kementerian terkait dengan mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan”. Sementara M Falah selaku Direktur Utama MGP mengungkapkan bahwa MGP Selaku perusahaan swasta dengan layanan distribusi limbah B3 dan non B3 telah merambah moda Kereta Api dengan pertimbangan beragam keunggulan dan nilai lebih yang ditawarkan.

Hal tersebut disambut baik oleh Kementerian Perhubungan RI yang diwakili oleh Cris Kuntadi selaku Staf Ahli Menteri Perhubungan RI bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan. Beliau mengungkapkan bahwa sinergi tersebut patut mendapat apresiasi dari Pemerintah. Beliau berharap langkah tersebut mampu mendorong pelaku usaha lain untuk dapat mengalihkan beban jalan raya ke rel untuk mengurangi kepadatan jalan serta menghindari pelanggaran ODOL (Over Dimension Over Load).

Kegiatan Peresmian Kerjasama tersebut dihadiri oleh GO, VP Multi Commodity (GOM), SM Wilayah Barat dan jajaran KAI Logistik, Direksi serta jajaran MGP, Staf Ahli Menteri Perhubungan RI, Cris Kuntadi serta Anggota Komisi VII DPR RI, Nasyirul Falah Amru.