Img

Jalur Kereta Nambo Aktif Kembali

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kereta jalur Nambo diaktifkan kembali, Rabu (4/12). Beroperasinya jalur yang sempat berhenti pada 2007-2008 itu terwujud atas kerjasama PT KA Logistik (anak perusahaan PT KAI) dengan PT Indocement. Kereta barang Nambo II terdiri dari 20 gerbong yang mampu mengangkut 800 ton semen.

Humas PT KAI Daop I, Sukendar, menjelaskan, satu rangkaian kereta barang Nambo I sudah beroperasi pada 6 Mei 2013 lalu. Adanya perbaikan dan pemutakhiran membuat aktifitas pengangkutan semen bisa lebih baik.

Kereta barang Nambo II akan membawa semen dari Cibinong menuju Surabaya. ''Perjalanan dilakukan dua kali sehari di slot kosong jadwal perjalanan kereta reguler, terutama di tengah malam,'' kata Sukendar.

Sudah dipasangnya listrik aliran atas (LAA) memungkinkan jalur ini digunakan untuk KRL. ''Ini juga sudah direncanakan. Tapi untuk saat ini kami fokus dulu pada pelaksanaan kerjasama,'' jelas Sukendar.

Pada 2005, kereta penumpang Stasiun Nambo hingga Stasiun Manggarai pernah beroperasi. Namun berhenti pada 2007-2008 hingga saat ini karena rangkaian keretanya bermasalah.

Sumber : Republika, 04.12.13.