Img

Survei Ke Stasiun Cisaat, Sukabumi 24/12/13

SuKaBuMi: Kebutuhan pengiriman barang dari kota Sukabumi dan sekitarnya sudah sangat mendesak harus menggunakan moda kereta api (KA). Bila tidak, akan mengalami kendala dalam hal pasok barang ke Customer.

Pada hari Selasa 24/12/13 pagi kami berangkat dari pusat kota di Gondangdia jam 07.30 dan mencoba berkendara dengan mobil kantor. Perkiraan waktu tempuh sekitar 3 (tiga) jam, molor abiiiiz dan ternyata tiba di pusat kota Sukabumi sekitar jam 13.00.

Karena pas kebetulan jam istirahat maka kami makan siang terlebih dahulu agar tidak merepotkan tuan rumah dan sesampainya di stasiun Cisaat, langsung lapor PPKA karena kebetulan Kepala Stasiun (KS) Cisaat sedang tidak di tempat, kami langsung survei lapangan.

Singkatnya, kami melihat kemungkinan potensi angkutan barang dengan menggunakan moda kereta api (KA) via stasiun Cisaat, mencatat panjang emplasemen, cek ruang terbuka untuk lahan CY dan jalur rel KA yang perlu diperbaiki karena sudah lama tidak dioperasikan.

Jadual perjalanan Jakarta – Sukabumi p.p yang mendekati angka 9 (sembilan) jam bukanlah sesuatu hal yang menyenangkan. Maka tidak mengherankan bila pengoperasian “KA Pangrango” (penumpang) oleh PT KAI mendapat sambutan hangat dari para pengguna jasa.

Kabarnya, menggunakan KA Pangrango dari Bogor ke stasiun Cisaat, Sukabumi “hanya” membutuhkan waktu paling pol 2 jam saja alias 120 menit. Bayangkan dengan menggunakan mobil pribadi / kantor. Jauh beda khan ?.

Kami akan dalam terlebih dahulu segala kemungkinan yang ada. Semoga hasil survei yang kami lakukan bisa memberikan solusi optimal untuk mengatasi kemacetan lalu lintas jalan raya di wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Doakan saja.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.