Img

Arus Balik Angkutan Motor Gratis

JAKARTA: Arus mudik penumpang maupun promo angkutan motor gratis (MoTis) selama Lebaran 1434 H sudah selesai. Kini memasuki arus balik dari Jawa menuju ibukota yang terus dipantau dan layak diantisipasi.

Kabarnya, pemudik yang datang ke Jakarta lebih banyak, sama seperti tahun-tahun sebelumnya dan Dinas kependudukan punya gawe. Sedangkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang “ketitipan” angkutan MoTis berupaya semaksimal mungkin, agar bisa mengangkut motor sebanyak-banyaknya.

Hingga saat ini masih terus berjalan namun berhubung masa sosialisasi angkutan MoTis sangat mepet sehingga jumlah sepeda motor masyarakat yang diangkut tidak sebanyak angkutan penumpang. Boleh dibilang masih dibawah target dan harapan.

Direktur Operasi & Pemasaran (Diropsar) PT Kereta Api Logistik (KALOG), Sukairi yang in-charge langsung dalam angkutan MoTis ini menyampaikan beberapa bahan masukan untuk angkutan MoTis Lebaran tahun depan dan seterusnya. Kebetulan KALOG bertindak selaku pelaksana di lapangan.

Antara lain : pendeknya waktu sosialisasi, jarak ideal untuk angkutan motor semisal area Tegal dan seterusnya (lintas utara) ke wilayah timur, demikian pula Kutoarjo (lintas selatan) ke wilayah timur karena bila terlalu dekat jaraknya, pemudik memilih menggunakan sepeda motornya sekalian jalan.

Bahkan untuk mensukseskan program ini di tahun-tahun mendatang, ada usulan agar tak hanya motor yang digratiskan tetapi berikut penumpangnya agar proses pengambilan motor di stasiun tujuan langsung bisa berjalan cepat. Tidak perlu ada pos penitipan seperti sekarang ini.

Dampak kekurangsempurnaan program MoTis, jumlah motor yang dikirim saat arus mudik, kalah besar dengan arus balik karena di sejumlah daerah terpasang spanduk MoTis di tempat-tempat strategis, sehingga bisa menggiring pemudik menitipkan motornya, untuk diangkut via KA.

Oh iya, periode angkutan MoTis ini berlangsung mulai 03-06/08 (arus mudik) dan 11-14/08 (arus balik). Ruang lingkupnya, lintas utara : Cirebon, Tegal dan Semarang sedangkan lintas Selatan : Kutoarjo, Lempuyangan dan Solo Kota.

Saat mudik, pemuatan di lakukan di stasiun Jakarta Gudang (JAKG) menuju 6 (enam) stasiun tujuan MoTis sedangkan pada saat arus balik dari 6 (enam) stasiun diatas, tujuan stasiun bongkarnya adalah JAKG (kembali ke tempat asal).

Koordinator MoTis di lapangan, ditangani VP Operation Army Hani dan Manager BHP Kurir, Andi Asri. Di saat orang lain cuti, insan kereta api tetap posko dan piket yang melekat di hati he he he. Enjoy aja.

 

Sumber : KALOG / Foto: Gangsar.