Img

Dahlan Iskan Beri Rapor Biru Pada KAI dan ASDP

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor transportasi punya andil besar dalam mengantar pemudik selama perayaan hari raya Idul Fitri 1434 H.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai ada dua kinerja BUMN transportasi yang berjalan baik selama mengangkut pemudik. BUMN itu yakni PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry.

"KAI dan ASDP sangat bagus tahun ini. Nilainya lebih bagus dari tahun lalu," ujar Dahlan di kantornya, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (12/8).

Untuk KAI dia memberi nila 8, naik setengah poin dari tahun lalu yang nilainya 7,5. Sementara ASDP juga naik setengah poin menjadi 7,5 dari tahun lalu yang diberi nilai 7.

Penilaian itu diberikan Dahlan karena melihat pelayanan yang diberikan kedua BUMN itu pada penumpang. Khusus untuk ASDP, pujian datang karena BUMN telah mendatangkan beberapa kapal baru untuk menyambut lebaran. Sementara KAI dianggap berhasil mempertahankan sistem e-tiketing yang sudah dimulai dari tahun lalu.

Sementara nilai untuk maskapai penerbangan Garuda Indonesia tidak begitu banyak mengalami kenaikan, hanya mendapat nilai 6. Perolehan angka itu diberikan Dahlan karena Garuda masih dinilai kurang untuk pelayanan bagasinya.

"Garuda bagus, cuma handling bagasi Garuda masih kedodoran. Bahkan sering lewat tengah malam. Skor handling bagasinya 6, mutu pelayanan ground dan cek in masing-masing nilainya 8," papar dia.

Bekas Dirut PLN ini mengaku menerima banyak keluhan karena banyak pegawai yang libur. "Saya banyak dapat keluhan sampai malam soal bagasi," aku Dahlan. (chi/jpnn)

 

Sumber : JPNN, 12.08.13 / Foto : RAM.