Img

KAI Logistik Tandatangani Nota Kesepakatan dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut

Dengan hormat,

Bertempat di Pendopo Garut, pada hari ini (24/08) telah dilaksanakan kegiatan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Garut dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan PT Kereta Api Logistik tentang Kerjasama Pengiriman Barang Hasil Pertanian dan Produk UMKM dengan Moda Kereta Api dan Moda Pendukung Lainnya di Kabupaten Garut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Garut, Rudy Gunawan dan jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis dan Hortikultura Kemenko Perekonomian RI, Yuli Sri Wilanti dan jajaran, Direktur Utama KAI Logistik (GU), Deputy EVP Daop 2 Bandung, GOK, GUS dan jajaran.

Dalam sambutannya, Bupati Garut menyampaikan “Dengan kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan pembangunan Pertanian yang terintegrasi dan melibatkan semua unsur”. Rudy Gunawan melanjutkan “Sebelumnya, seluruh hasil tani dan produk UMKM didistribusikan menggunakan moda darat truck, namun dengan kerjasama ini seluruh komoditas pertanian dan produk UMKM akan menggunakan kereta api, hal ini juga telah sejalan dengan komitmen Pemerintah Garut yang sejak dulu berharap untuk menjadikan KA sebagai moda utama penggerak logistik khususnya hasil pertanian”

Sementara, Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis dan Hortikultura Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI mengungkapkan bahwa Garut menjadi daerah pertama sebagai target pengembangan. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dimana closed loop pada daerah Garut diharapkan mampu menjadi model replikasi daerah lain. Dengan kerjasama ini membangun agribisnis hulu hilir yang terintegrasi untuk memastikan percepatan pertumbuhan ekonomi nasional yang dimulai dari daerah”
GU menyampaikan dalam sambutannya “Kami akan memberikan dukungan penuh bagi UMKM khususnya melalui program Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI khususnya untuk distribusi hortikultura. Dan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran yang mempercayakan KAI Logistik untuk terlibat dalam kerangka kerjasama ini termasuk Induk Perusahaan, KAI”

Nota Kesepakatan ditandatangani langsung oleh Bupati Garut, Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis dan Hortikultura Kemenko Perekonomian RI, dan Direktur Utama KAI Logistik. Sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan uji coba pengiriman perdana hasil Pertanian dari Stasiun Leles menuju Pasar Senen dan dilanjutkan dengan pengiriman hingga ke Eden Farm. Pengiriman perdana dengan volume 520 kg berjalan lancar.

 


Public Relations & CSR 

KAI Logistik

St Gondangdia Lt Dasar

Jl.KH. Wahid Hasyim No.11A Menteng - Jakarta

Tel +62-21-319 222 99 | Facs. +62-21-319 222 88