Img

KAI Logistik Fokus Kembangkan Layanan Kurir KALOG Express

Jakarta, 24 Januari 2024 – Layanan kurir menjadi salah satu segmen layanan KAI Logistik melalui KALOG Express. Fokus pada layanan logistik berskala kecil, KALOG Express mengambil peranan signifikan dalam distribusi barang retail termasuk industri kecil dan menengah di Indonesia.

TLN Ahmad Malik Syah, Direktur Utama KAI Logistik menjelaskan “Sepanjang tahun 2023, KALOG Express melayani lebih dari 53 ribu ton angkutan barang dimana meningkat 15% dari kinerja tahun 2022  sekitar 46 ribu ton. Peningkatan ini menunjukkan bahwa KALOG Express semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat dan menjadi pilihan layanan logistik. Capaian ini didukung dengan improvisasi layanan mulai dari sisi operasional hingga digitalisasi.”

Selain melayani paket, KALOG Express unggul untuk ragam jenis barang kiriman seperti hewan peliharaan, tanaman, barang elektronik, sepeda motor hingga frozen food. “Tahun 2023, layanan logistik berpendingin melalui KALOG Express mulai diperkuat melalui penyediaan fasilitas cold storage, yaitu kontainer berpendingin sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum dikirimkan melalui moda kereta api. Tahun 2023, fasilitas cold storage tersedia di 6 kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Banyuwangi dengan kapasitas penyimpanan 5 ton” jelas pria yang akrab disapa Malik.

Tahun 2024 KALOG Express membidik target angkutan sekitar 59.204 ton termasuk segmen UMKM yang memainkan peranan penting pada roda perekonomian nasional. Sejak tahun 2021 KAI Logistik telah berkomitmen mendorong segmen UMKM dengan menghadirkan tarif khusus UMKM dengan pemberian diskon sebesar 30% dan melalui kerjasama dengan Pemerintahan kota/kabupaten seperti Garut, Jawa Tengah dan lainnya serta Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Koperasi dan UKM.

Target kinerja volume tersebut optimis dapat dicatatkan sebagai kinerja positif dengan dukungan langkah strategis pada 2024, diantaranya penguatan jaringan distribusi di Kalimantan dan Sulawesi, peguatan kemitraan dan keagenan dengan perluasan jangkauan service point dari 172 titik di tahun 2023 menjadi lebih dari 200 titik di 2024 hingga ekstensifikasi cakupan layanan aplikasi mobile KAI Logistik Trax di lebih dari 60 kota/kabupaten diantaranya kota besar yang memungkinkan pelayanan penjemputan paket di rumah untuk memenuhi kebutuhan akan kemudahan dan kenyamanan layanan.

“Pintu kolaborasi dengan berbagai pihak juga menjadi salah satu fokus pengembangan pada tahun 2024 untuk membuka peluang dalam penyempurnaan layanan yang akan bermuara pada kepuasan pelanggan dan menjadi refleksi komitmen perusahaan yang mengedepankan customer oriented,” Tutup Malik.