Img

KAI Logistik Pastikan Kesiapan Hadapi Lonjakan Puncak Pengiriman Idul Fitri 1445 H

Jakarta, 29 Maret 2024 – PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), salah satu anak usaha KAI, turut berkomitmen untuk mengambil peran dalam menyukseskan logistik nasional di momen Idul Fitri 1445 H. Berbagai persiapan telah dilakukan KAI Logistik  dalam menghadapi dan mengantisipasi puncak lonjakan pengiriman barang, khususnya pada aspek operasional  untuk mendukung pemenuhan kebutuhan dan kelancaran pengiriman barang masyarakat.

Memasuki bulan suci Ramadan,  tren pengiriman paket dan barang melalui layanan KALOG Express terus mengalami peningkatan. Terhitung sejak awal memasuki bulan ramadan hingga hari ke-15, KAI Logistik telah  mengakomodir pengiriman barang retail sebanyak 2.500 ton dan akan terus meningkat. Pengiriman paket diprediksikan akan mengalami puncak lonjakan pada 2 minggu menjelang dan 2 minggu setelah Idul Fitri, dengan estimasi peningkatan hingga 20%.

TLN Ahmad Malik Syah, Direktur Utama KAI Logistik mengungkapkan “KAI Logistik telah memetakan berbagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi lonjakan pengiriman. Salah satunya melalui penambahan kapasitas angkutan KA sebesar 10% khususnya pada relasi KA yang berpotensi mengalami lonjakan permintaan. Dengan penambahan kapasitas angkut harian, KAI Logistik dapat memenuhi kebutuhan pengiriman barang  berbasis KA sebesar 220 ton per hari. Hal ini dilakukan guna memastikan pelayanan prima yang mampu mengakomodir kebutuhan pengiriman pada masa puncak tersebut.”

Penguatan konektivitas jaranganan layanan distribusi barang, menjadi aspek lain yang KAI Logistik lakukan dalam persiapan menghadapi lonjakan. Optimalisasi operasional dilakukan melalui pemaksimalan operasional armada trucking maupun armada lainnya untuk mempercepat dan memperluas proses layanan pengiriman kepada pelanggan.

Pengoptimalan layanan berbasis digital KAI Logistik juga menjadi fokus persiapan  dalam menyambut momentum ini. KAI Logistik telah melakukan berbagai langkah mitigasi, baik melalui perawatan atau maintenance system dan juga penguatan jaringan teknologi informasi guna memastikan performa prima pada layanan pengiriman barang retail berbasis digital melalui aplikasi KAI Logistik TRAX, yang menunjukkan tren peningkatan di momen ini.

Berbagai langkah strategis yang dilakukan tentunya sejalan dengan tagline ‘KAI Logistik ispossible’ yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin, dimana dalam hal ini adalah memastikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan logistik di masa puncak liburan.

“Selama masa libur lebaran, KALOG Express akan libur beroperasi pada 08 s.d. 14 April 2024. Guna menghindari adanya penumpukan pengiriman, kami menghimbau kepada pelanggan agar dapat mengelola pengirimannya dalam waktu yang cukup. Lebih lanjut, dalam memastikan kemudahan akses layanan, pelanggan dapat melakukan cek tarif maupun pelacakan secara real time  melalui website kalogistics.co.id, aplikasi Access by KAI, serta aplikasi KAI Logistik TRAX. Pelanggan juga dapat menghubungi customer services yang tetap beroperasi pada masa libur lebaran untuk kemudahan akses layanan informasi” tutup pria yang akrab disapa Malik.