Img

Pelatihan Social Return On Investment dan Social Mapping

Bertempat di Kantor Pusat KAI Logistik selama 2 (dua) hari pada Selasa & Rabu (11-12/06) dilaksanakan pelatihan Social Return on Investment (SROI) dan Social Mapping. Direktur Utama secara langsung membuka kegiatan pelatihan tersebut. VP, Manager Kantor Pusat, Manager Wilayah serta Perwakilan Pekerja KAI Logistik menjadi peserta dalam pelatihan tersebut. 

Mengawali rangkaian kegiatan, VP of Corporate Secretary menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan, yang mana pelatihan ini merupakan rangkaian lanjutan dari kegiatan sharing session CSR berbasis ISO 26000 dan juga pelatihan ini dilaksanakn dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas program CSR Perusahaan, sehingga kegiatan lebih terarah, tepat sasaran dan terukur.

Sebagai perwakilan dari Yayasan Baitulmaal Muamalat (BMM) Bapak Galeh Pujonegoro selaku Direktur Operasional Kemaslahatan dan Wakaf BMM, menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, beliau juga menyampaikan seluruh peserta diharapkan dapat berfikir secara utuh dimana di dalam pemikiran tersebut didasari mindset, skillset dan toolset. 

Melanjutkan acara, Direktur Utama menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan CSR merupakan wujud komitmen dari perusahaan guna membangun ekonomi berkelanjutan yang juga dapat memberikan manfaat kepada perusahaan, komunitas atau lingkungan sekitar. “Perusahaan juga telah melaksanakan ragam program CSR di seluruh lingkungan perusahaan dengan berpedoman pada perspektif 3P (People, Planet, dan Profit) dan kerangka Sustainable Development Goals (SDG’s) dan kegiatan CSR menjadi tanggung jawab bersama seluruh Insan KAI Logistik” ucap Direktur Utama. Lebih lanjut, Direktur Utama juga berharap dengan adanya pelatihan ini dapat membentuk pengetahuan yang komprehensif, komitmen dan kolaborasi di antara kita semua.

Untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran dibagi menjadi 3 (tiga) ruangan agar pembelajaran dapat berjalan lebih efektif. Seluruh peserta pelatihan mendapatkan materi berupa pembahasan bagaimana pemetaan sosial program dari pelaksanaan kegiatan CSR seperti kendala, keluhan dan masalah yang terjadi agar bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran, dan melalui program CSR dapat memberikan manfaat yang baik terhadap perusahaan. Seluruh peserta juga berkesempatan melakukan simulasi perhitungan dampak dari investasi program CSR yang telah dikeluarkan oleh perusahaan.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi terhadap nilai AKHLAK yaitu kompeten dan kolaborasi antara KAI Logistik dengan Yayasan Baitulmaal Muamalat (BMM).