Jakarta, 13 November 2024 – KAI Logistik, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), kian memperkuat posisinya dalam bisnis logistik nasional dengan memperluas layanan KALOG Express hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Fokus pada layanan logistik berskala kecil, KALOG Express kini menawarkan kemudahan pengiriman barang retail ke berbagai pelosok negeri yang resmi beroperasi mulai tanggal 7 November 2024 lalu.
Direktur Operasi KAI Logistik, Heri Siswanto, menyampaikan bahwa inovasi perluasan jangkauan layanan ini merupakan langkah strategis untuk merespon tingginya permintaan pelanggan. “Tren mobilisasi dan pergerakan logistik cukup pesat khususnya pada pengiriman retail, sehingga perusahaan perlu mengambil peran dalam memastikan kelancaran arus mobilisasi barang retail ke seluruh pelosok Indonesia” ujar Heri.
Sebagai komitmen menjangkau lebih banyak pelanggan, KAI Logistik telah bekerja sama dengan mitra strategis dalam mendukung pengiriman kepada end user melalui skema station-to-door. Pelanggan kini dapat mengunjungi 22 titik layanan service point KALOG Express di berbagai kota besar di Indonesia untuk menikmati kemudahan pengiriman ke seluruh Indonesia ini, di antaranya Jakarta Gudang, Jakarta Kota, Gondangdia, Pasar Senen, Manggarai, Jatinegara, Bekasi, Cikampek, Bandung, Semarang Tawang, Semarang Kariadi, Yogyakarta Tugu, Lempuyangan, Solo, Surabaya Turi, Surabaya Kota, Surabaya Kartini, Ketapang, Sarwajala, Denpasar, Tanjung Karang, dan Palembang.
Layanan pengiriman ke seluruh Indonesia ini akan fokus pada pengiriman paket dan dokumen, dengan ketentuan berat minimum 1 kg dan tanpa batasan berat maksimum. Sementara, untuk pengiriman ke beberapa wilayah yang membutuhkan moda tambahan seperti pesawat, diberlakukan batasan volume berupa panjang maksimum 200 cm, tinggi 76 cm, dan lebar 90 cm.
Pada tahap awal, KALOG Express fokus menyediakan layanan pengiriman paket dan dokumen ke seluruh Indonesia. Ke depannya, layanan ini akan diperluas untuk mencakup berbagai jenis barang lainnya. Saat ini, KALOG Express sendiri telah hadir di 181 titik service point yang tersebar di Jawa, Bali, dan Sumatra. Dengan pengalaman dalam mengirimkan berbagai jenis barang seperti hewan peliharaan, tanaman, barang elektronik, sepeda, motor, dan frozen food. KALOG Express terus berupaya menawarkan pilihan pengiriman yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di lebih banyak wilayah di Indonesia.
“Ke depan, KAI Logistik berkomitmen untuk terus berinovasi dalam meningkatkan layanan pengiriman ke seluruh Indonesia. Hal ini tercermin dalam rencana strategis kami, yang mencakup penambahan titik layanan serta penambahan jenis barang yang dapat dikirimkan. Kolaborasi dengan mitra logistik menjadi fokus utama kami untuk menciptakan layanan yang lebih customer-oriented. Melalui langkah ini, KAI Logistik ingin memastikan kepuasan pelanggan dan memenuhi kebutuhan logistik masyarakat dengan layanan yang praktis, cepat, dan terpercaya,” tutup Heri.
Melalui KALOG Express, KAI Logistik berupaya untuk mengambil peran dalam memperkuat distribusi logistik nasional sehingga mampu memudahkan kebutuhan pengiriman barang masyarakat Indonesia dan mendorong perekonomian nasional. Selain itu, perseroan juga melengkapi layanan dengan inovasi digital mobile aplikasi KAI Logistik TRAX untuk kenyamanan pengiriman barang retail dengan dengan konsep "with just a click". Saat ini, penjemputan dan pengantaran paket, sepeda, maupun motor melalui aplikasi KAI Logistik TRAX telah menjangkau 115 kota/kabupaten yang tersebar di 181 titik service point.