Img

KAI Logistik Raih Indonesia Digital Innovation Awards 2025, Bukti Keberhasilan Transformasi Digital

Jakarta, 24 Maret 2025  – KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), kembali membuktikan keberhasilannya dalam transformasi inovasi digital dengan meraih penghargaan di ajang Indonesia Digital Innovation Awards 2025. Mengusung tema “Future is Digital: Realizing Innovation in Technology-Based Ecosystem”, KAI Logistik berhasil meraih penghargaan dalam kategori The Most Innovative Digitalization of Logistics and Courier Services 2025 for Encouraging Strategic Business Processes through Market Expansion with Credibility Service Network. Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Keuangan KAI Logistik, Riki Jayaprawira Suwarna, di The Sultan Hotel, Jakarta, pada Jumat (21/03).

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini menjadi bukti nyata dari komitmen KAI Logistik dalam menghadirkan inovasi digital yang tidak hanya mendorong pertumbuhan bisnis, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan bagi pelanggan. Seiring dengan perkembangan industri logistik yang semakin dinamis, kami akan terus mengakselerasi digitalisasi dalam setiap aspek operasional guna memberikan solusi yang lebih cepat, tepat, dan sesuai dengan kebutuhan pasar,” ujar Riki.

Penghargaan yang diselenggarakan oleh WartaEkonomi.co.id ini dilakukan melalui penilaian riset mendalam berdasarkan tiga aspek utama, yaitu Digital Capital Availability, Digital Brand Representation, dan Embracing Disruptive Ideas. KAI Logistik dinilai berhasil dalam mengembangkan aspek digitalnya, termasuk melalui optimalisasi aplikasi KAI Logistik TRAX serta pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Selain itu, inovasi digital lainnya seperti penerapan RFID (Radio Frequency Identification) dan RDS (Rail Document System) juga menjadi bagian dari upaya transformasi digital yang diapresiasi.

Di awal tahun 2024, KAI Logistik telah melakukan langkah strategis untuk memperkuat layanan KALOG Express, yang berfokus pada pengiriman barang retail dengan mengembangkan aplikasi KAI Logistik TRAX. Salah satu inovasi utama adalah pengembangan layanan dalam aplikasi TRAX Mobile yang telah beroperasi sejak tahun 2022 ini. Inovasi yang dilakukan mencakup perluasan jaringan, peningkatan kapasitas angkut hingga 300 kg, serta penambahan komoditas yang dapat dikirimkan, menjadi dokumen, paket, sepeda, hingga motor. Selain itu, aplikasi TRAX kini semakin lengkap dengan fitur pengecekan tarif, pencarian lokasi outlet, layanan pickup, dan drop paket, yang semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan pengiriman.

"Penguatan layanan digital ini sejalan dengan komitmen KAI Logistik dalam meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pelanggan, sekaligus mendukung percepatan transformasi digital di sektor logistik. Dampak positif dari transformasi ini terlihat pada meningkatnya jumlah transaksi dan volume pengiriman melalui aplikasi KAI Logistik TRAX, yang mencapai total 36.161 kg di sepanjang tahun 2024. Capaian ini mencerminkan tren positif dalam adopsi layanan berbasis digital yang semakin diminati pelanggan. Sejalan dengan perkembangan tersebut, KAI Logistik akan terus mengembangkan dan menyempurnakan aplikasi TRAX, baik dari sisi fitur maupun jenis komoditas yang dapat dikirimkan," lanjut Riki.

Penghargaan yang diraih diharapkan dapat semakin memotivasi dan memperkuat komitmen KAI Logistik untuk terus berinovasi dalam digitalisasi layanan, mendukung pertumbuhan bisnis logistik nasional, serta memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Langkah ini selaras dengan tagline ‘KAI Logistik, ispossible!’ yang mencerminkan dedikasi perusahaan dalam menghadirkan solusi logistik yang inovatif dan berdaya saing.

Tentang PT Kereta Api Logistik

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan layanan pra dan purna. KAI Logistik fokus pada orientasi bisnis sebagai jasa layanan distribusi logistik terpadu (total logistics solution) melalui “End-to-End Services”. Mengusung tagline KAI Logistik Ispossible yaitu semuanya menjadi mungkin, KAI Logistik menyediakan ragam layanan logistik melalui 3 segmentasi yaitu KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.

KAI Logistik memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penguatan peran penting KAI Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa layanan  distribusi logistik. Informasi lebih rinci dapat diakses melalui www.kalogistics.co.id