Img

Plagiator Ide Banyak Di Kantor, Inilah Cara Mengatasinya!

Bisnis.com, JAKARTA - Plagiator ternyata ada di mana-mana, termasuk di kantor. Jika Anda punya ide, sering kali itu diklaim sebagai hasil pemikiran dari rekan Anda atau bahkan boss Anda sendiri. Hal itu mungkin terjadi di lingkungan kantor. Inilah yang sebaiknya Anda lakukan:

 

Diskusikan ide Anda di depan publik

Apabila ada bos atau rekan kerja yang mencuri ide Anda, sepertinya sudah terlambat untuk memberitahukan ke orang-orang di kantor bahwa itu adalah ide Anda. Namun setelah Anda mengetahui orang yang memiliki kemungkinan untuk mencuri ide tersebut, jangan pernah lagi mendiskusikan ide-ide baru secara pribadi kepada orang tersebut.

Untuk langkah selanjutnya, selalu utarakan ide atau pendapat Anda di forum terbuka, misalnya saat rapat yang memungkinkan ada notulen atau catatan seputar perbincangan di rapat. Dengan begitu, ide-ide yang Anda punya tak bisa lagi dicuri.

Bersikaplah cerdas

Jika tidak memungkinkan untuk berbagi ide Anda di depan umum, maka cobalah cari cara lain agar bos atau rekan kerja Anda tidak mendapat pujian karena ide yang Anda berikan.

Caranya, Anda bisa mengutarakan soal ide tersebut kepada bos atau rekan kerja, namun jangan berikan secara detail. Selanjutnya, Anda lakukan riset menyeluruh mengenai topik tersebut. Ketika si bos atau rekan kerja membicarakan ide itu di depan umum, Anda bisa mempresentasikan riset yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Dengan begitu Anda akan terlihat memahami topik tersebut tanpa harus terkesan menjatuhkan bos atau rekan kerja.

Jaga emosi

Ketika mengetahui ada orang yang mencuri ide Anda, tentu Anda akan merasa emosi. Tapi jangan langsung meluapkan emosi Anda di depan orang tersebut atau di depan orang lain, karena hal itu hanya akan memperburuk nama Anda.

Ketahuilah bahwa sikap suka mencuri ide merupakan ciri orang yang tidak percaya diri atau kurang kecerdasan emosional. Ada kalanya Anda harus bersikap ikhlas akan hal ini, namun jangan biarkan pencurian ide tersebut jadi kebiasaan.

Anda pun harus berhati-hati dalam menceritakan ide-ide baru kepada orang lain dan sebaiknya dokumentasikan setiap ide yang Anda buat sebelum dipresentasikan ke depan umum. Dengan cara ini, Anda punya bukti lebih seandainya ada yang mencuri ide Anda. (Idiva/Kabar24.com)

Sumber : Bisnis Indonesia, 24.10.13.