Img

Libur Natal Tahun Baru, KAI Stop Pembangunan Rel

PT KAI Daop 4 menghentikan pembangunan rel jalur ganda (double track) selama musim angkutan liburan Natal dan akhir tahun 2013. Kebijakan itu sengaja dilakukan untuk membantu kenyamanan layanan pengguna moda KA agar lebih lancar menempuh perjalanan.

“Pembangunan double track berhenti sejak tanggal 20 Desember saat ini hingga 5 Januari tahun 2014,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 4. Penghentian sementara pembangunan itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, menurunya PT KAI Daop 4 memprediksi terjadi kenaikan penumpang selama musim Lebaran, Natal, dan akhir tahun ini naik hingga 10 persen dari tahun lalu.

“Angka penumpang diperkirakan mencapai 148.771 orang,” ujarnya. Selain menghentikan pembangunan, PT KAI telah membuka sejumlah pos koordinasi untuk melayani penumpang selama liburan kali ini. Beberapa pos koordinasi yang dibuka itu untuk melayani keamanan dan ketertiban, kesehatan, informasi, dan data layanan kereta.

PT KAI Daop 4 juga menambah layanan rangkaian kereta untuk menghadapi lonjakan penumpang, dengan jumlah per perjalanan antara satu hingga dua rangkaian tambahan. Tambahan itu hanya berlaku bagi rangkaian, sedangkan jam perjalanan dan jenis kereta masih sama.

Sumber : Tempo, 20.12.13.