Img

Kiat Manajemen: Jejaring Untuk Suksesmu! (Bag. 3/3)

PRINSIP PENTING NETWORKING

Pertama, mulai sekarang hindarilah mentalitas Lone Ranger. Apa itu? Lone Ranger, adalah salah satu tokoh fiktif anak-anak yang menambil setting jaman koboi. Dikisahkan Lone Ranger ini adalah tokoh koboi yang hidupnya sendirian, berkelana kemana-mana memberantas kejahatan.

Tetapi, kalau kita perhatikan, sebenarnya Lone Ranger pun tidak sendirian karena ia punya seorang teman Indian yang setia menemaninnya, namanya Tonto. Nah, seringkali dikatakan hindarilah mentalitas Lone Ranger ini yakni merasa mampu melakukan segala sesuatu sendirian.

Iya sih memang di satu sisi kita harus menjadi mandiri, tetapi bukan berarti pula kita menjadi egois, cuek, anti–sosial serta merasa tidak membutuhkan orang lain sama sekali.

Yang kedua, pada saat networking, mulailah dengan niat yang tulus. Terus terang, reputasi kata networking itu sendiri, sekarang ini, tidaklah selalu bagus. Tatkala sedang berdiskusi soal topik ini, seorang kameraman TV tempat saya siaran berkisah, “iya Pak. Saya pernah diminta no telpon oleh beberapa teman saya dulu di SD dan diajak untuk networking. Awalnya sih mereka bilang mau ketemu untuk cerita-cerita sambil nostalgia, tapi ujung-ujungnya saya diajak untuk menjadi bagian dari suatu multi level marketing”.

Pertanyaannya sekarang, apakah salah jika orang mendapatkan keuntungan seperti itu dari network yang dibangunnya? Jawabannya, tentu saja tidak. Hanya saja, seperti diungkapkan oleh salah satu peserta training saya, “rasanya sebel Pak, baru ketemu saja, isinya sudah jualan!”.

Karena itulah, tak mengherankan jika di beberapa pertemuan dan gathering, ada larangan untuk berjualan dan memanipulasi pertemuan itu demi kepentingan pribadi. Jadi, cobalah membangun network Anda dengan niat yang tulus terlebih dahulu. Niat untuk saling berbagi, saling mendukung dan saling memberikan informasi.

Untuk itu pula, dalam networking berusalahah timbal balik. Berusahalah untuk bermanfaat bagi orang lain, jangan hanya mempergunakan orang lain untuk kepentinganmu. Bahkan, ingatlah selalu prinsip ini, in order to get, you have to give!. So, jangan sampai mengatakan networking, tapi ujung-ujungnya kita memperalat orang lain untuk kepentingan kita melulu. Itu namanya bukan networking tapi manipulating orang!

Nah, berbagai agenda seperti itulah yang terkadang membuat orang merasa malas untuk melakukan networking.

Sumber : Bisnis Indonesia, 03.12.13.