Img

Angkutan Semen Indonesia, Resmi di Berangkatkan Perdana

Bertempat di stasiun Babat, Kabupaten Lamongan pada Jumat (15/10) telah dilaksanakan seremonial perjalanan perdana angkutan semen milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. relasi Babat – Jakarta Gudang. Pemberangkatan rangkaian 7 GD semen atau setara dengan 280 ton dilakukan oleh Direktur Niaga KAI (D1) didampingi Direksi KAI Logistik, CDD of Freight Marketing and Sales KAI (CF) dan EVP Daop 8 Surabaya KAI serta Direktur Utama PT Semen Gresik mewakili PT Semen Indonesia. Prosesi peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pemberangkatan dengan semboyan 40.

Dalam sambutannya, Direktur Niaga KAI menekankan bahwa kerjasama ini merupakan wujud dari sinergi BUMN antara KAI Group dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. “Selain itu, ini juga selaras dengan nilai utama AKHLAK, khususnya nilai kolaboratif”

Sementara, Direktur Utama KAI Logistik mengatakan “Terimakasih kepada PT Semen Indonesia yang telah memilih kereta api sebagai moda distribusi, kepercayaan ini akan kami jaga karena kami merasa ini merupakan bentuk amanah yang harus kami pertanggungjawabkan dengan memberikan pelayanan yang maksimal”.

Subhan, Direktur Utama PT Gresik juga menyambut baik kolaborasi ini, dan berharap kerjasama dapat berkembang pada cakupan bisnis lainnya. Sebeumnya, Uji coba sebanyak dua kali pada 11 dan 12 Oktober 2021 dengan total volume 800 ton telah dilaksanakan dengan hasil uji coba yang baik sehingga angkutan secara reguler dapat dioperasikan.  Melalui kerjasama ini, KAI Group melalui KAI Logistik akan melayani pengelolaan logistik diantaranya distribusi berbasis KA dengan volume 400 ton atau setara 10 GD dari Babat – Jakarta Gudang, hingga layanan penunjang seperti trucking dari Plant ke stasiun muat, bongkar muat hingga penyimpanan di gudang.