Img

Pemberangkatan Perdana Angkutan Motor Gratis melalui Kereta Api

Pada hari Selasa (26/04) telah dilaksanakan pemberangkatan perdana angkutan motor gratis (Motis) melalui kereta api. Pemberangkatan dilakukan secara langsung oleh Zulfikri Direktur Jenderal Perkeretaapjan didamping Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA, Direktur Niaga KAI (D1), CDD of Freight Marketing & Sales (CF), EVP Daop 1 Jakarta KAI serta Direktur Utama (GU) dan Direktur Operasi (GO).

Dalam sambutannya, Zulfikri mengungkapkan bahwa program Motis ini merupakan program Pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik dengan kendaraan roda dua, sehingga mampu menekan risiko kecelakan lalu lintas.

Sementara D1 menjelaskan dalam sambutannya “KAI memberikan dukungan penuh dalam rangka memfasilitasi Angkutan Motis sehingga pemudik dapat mengirimkan sepeda motornya secara gratis melalui Kereta Api dan meningkatkan keselamatan para pemudik. KAI berkomitmen menghadirkan layanan mudik yang selamat, nyaman, dan sehat”

Usai sambutan, Dirjenka Kemenhub berkesempatan meninjau langsung muatan di dalam gerbong KA sebelum melanjutkan dengan prosesi seremonial peresmian angkutan Motis dengan pengguntingan pita bersama D1 didampingi Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA, GU, CF dan KDO 1.

Kegiatan seremonial dilanjutkan dengan pemberangkatan rangkaian KA dengan semboyan 40 oleh Dirjenka Kemenhub disaksikan tamu undangan dan awak media.

Program Motis 2022 telah menerima pendaftaran sejak 20 April hingga 8 Mei 2022 dengan jadwal keberangkatan arus mudik pada 26 April - 30 April 2022 dan arus balik pada 5-9 Mei 2022.

Program Motis 2022 melayani rute lintas utara (Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan dan Semarang Tawang)
Serta lintas selatan (Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten dan Purwosari)

Pemerintah menyediakan kuota sejumlah 9.280 untuk perjalanan pulang pergi. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran baik secara online melalui http://bit.ly/motis2022 ataupun secara langsung dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang melayani Motis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut GOC, GOP, GOF, GUS, SM Wilayah Barat dan jajaran KAI serta KAI Logistik.