Img

Kunjungan Direktur Logistik Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing

Pada hari ini Senin (30/05) bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Pusat KAI Logistik telah dilaksanakan kunjungan Direktur Logistik Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan Kementerian Kelautan & Perikanan RI dengan Agenda Penjajagan Kerjasama Antara Direktorat Logistik KKP Dan KAI Logistik Untuk Pengembangan Distribusi Hasil Perikanan. Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Utama (GU), Direktur Operasi (GO), VP Commercial (GOC) beserta Bapak Agus Edi Sudiarto dan Bapak Berny A. Subki selaku Direktur Logistik - Ditjen PDSPKP KKP beserta jajaran.
 
Dalam kesempatan tersebut dibahas program apa saja yang menjadi terobosan KKP seperti pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung riset kelautan dan perikanan. KKP memiliki transformasi pengelolaan perikanan periode 2021 - 2024 dengan prinsip ekonomi biru. Tujuan dari prinsip ekonomi biru tersebut agar menyediakan lapangan kerja baru, peningkatan kesejahteraan masyarakat KP, peningkatan PNBP serta pencapaian indikator kinerja. Disampaikan juga bahwa penangkapan ikan terukur di WPPNRI dengan berbasis kuota memiliki 6 (enam) pembagian zona dilihat berdasarkan Zona Penangkapan ikan berbasis Kuota untuk investor  Luar Negeri dan Dalam Negeri, Zona Penangkapan Ikan Kuota Khusus untuk investor Dalam Negeri dan Zona untuk Penangkapan Ikan Terbatas dan Spawning/Nursery ground. Hingga saat ini sudah terdapat 130 lokasi kampung perikanan budidaya. 
 
Dalam mendukung distribusi hasil perikanan disampaikan usulan pengembangan layanan KAI Logistik seperti layanan transportasi dari pelabuhan perikanan menuju stasiun, selanjutnya menggunakan kereta berpendingin menuju lokasi tujuan, Penyediaan kereta barang yang dilengkapi dengan pendingin (untuk distribusi  produk olahan UMKM sektor KP) serta penambahan lokasi Terminal Barang di wilayah sentra produksi/pengumpulan/distribusi/industri produk kelautan dan perikanan.