Img

Sosialisasi Tanggap Darurat di Lingkungan KAI Logistik

Dengan hormat,
 
Bertempat di Kantor Pusat KAI Logistik selama dua hari pada hari Selasa dan Rabu (19-20/12) telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pemadaman Kebakaran dan Simulasi Tanggap Darurat di Lingkungan KAI Logistik yang diikuti oleh pekerja Kantor Pusat KAI Logistik. Pelaksanaan kegiatan turut didampingi oleh tenaga profesional pemadam kebakaran area Cikini Jakarta Pusat dan tim Medis dari Rumah Sakit Yarsi Jakarta.
 
Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan Pelatihan Pemadaman Kebakaran yang disampaikan langsung oleh tenaga profesional pemadam kebakaran yang membahas bagaimana cara menanggulangi kebakaran diikuti dengan kegiatan praktik secara langsung memadamkan api menggunakan karung goni basah dan juga menggunakan APAR dan APAB. Pelatihan tersebut diikuti oleh pekerja dari masing-masing divisi. 
 
Kegiatan simulasi tanggap darurat dilanjutkan pada hari kedua. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya dan langkah antisipatif terhadap penyebab bencana alam dan kecelakaan kerja serta keamanan di lingkungan KAI Logistik, termasuk bagaimana cara penanggulangan untuk kondisi tersebut guna meminimalisir dampak yang dapat terjadi. 
 
Rangkaian simulasi dimulai dengan skenario terjadinya kecelakaan kerja di lingkungan KAI Logistik. Kegiatan ini melibatkan tim tanggap darurat KAI Logistik termasuk tim P3K yang berkolaborasi dengan Unit Kesehatan KAI Daop 1 Jakarta. Dalam penanggulangan kebakaran, tim damkar KAI Logistik berupaya untuk melakukan tanggap darurat dengan pemadaman menggunakan APAR dan dilanjutkan dengan pemadaman oleh tim pemadam kebakaran area Cikini. Selanjutnya, dilakukan evakuasi seluruh pekerja ke titik aman. 
 
Usai kegiatan simulasi, tim damkar area Cikini memberikan apresiasi atas kegiatan simulasi yang melibatkan pihak-pihak eksternal sehingga pengalaman yang didapatkan mendekati kondisi sebenarnya. Lebih lanjut tim damkar area Cikini juga memberikan tanggapan dan masukan untuk perbaikan kedepannya. 
 
Dokumentasi kegiatan terlampir.