Img

Tingkatkan Layanan, Kini KALOG Express Beroperasi Setiap Hari

Jakarta, 13 Juli 2024 –   Fokus pada layanan logistik berskala kecil, KAI Logistik melalui KALOG Express kian meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, salah satunya melalui penambahan jadwal operasional pengiriman barang menggunakan moda kereta api (KA) yang beroperasi pada hari minggu.

Fredi Firmansyah, Plt Direktur Utama KAI Logistik menyampaikan "Mulai tanggal 14 Juli 2024, KALOG Express siap melayani pengiriman barang setiap hari tak terkecuali hari minggu. Perubahan pola operasi ini  merupakan salah satu langkah strategis kami dalam pengembangan bisnis retail khususnya melalui segmen KALOG Express. Melalui strategi ini, diharapkan dapat mempercepat proses layanan pengiriman barang dan meningkatkan kepuasan pelanggan setia KALOG Express.”

Perusahaan sangat memahami bahwa kelancaran proses distribusi barang merupakan hal yang krusial dalam industri logistik dan menentukan performa logistik. Lonjakan permintaan pengiriman barang yang terjadi pada hari sabtu dan minggu merupakan momentum yang perlu dimanfaatkan  dengan baik dan memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam menggunakan layanan KALOG Express.

Bersinergi dengan induk perusahaan, PT KAI (Persero), KAI Logistik penuhi permintaan pelanggan untuk dapat melakukan proses pelayanan pengiriman barang pada hari minggu. Langkah ini dilakukan melalui penambahaan jadwal operasional dengan moda KA yang beroperasi dengan mengaktifkan berbagai relasi KA diantaranya:

  • KA Majapahit: Jakarta, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang,  Solo, Sragen, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wlingi, Kepanjen, Malang (Perjalanan Pulang Pergi).
  • KA Malabar: Bandung, Leles, Cipendeuy, Tasikmalaya, Banjar, Sidoarjo, kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta, Klaten, Solo, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, wlingi, Kepanjeng, dan Malang (Perjalanan Pulang Pergi).
  • KA Sri Tanjung: Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Sragen, Ngawi, Madiun, Nganjuk,  Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, tanggul, rambipuji, Jember, Kalisat, Kalistail, Rogojampi, Banyuwangi, dan Ketapang (Perjalanan Pulang Pergi)

”Dukungan dari induk perusahaan ini merupakan langkah strategis bagi KAI Logistik untuk memenuhi permintaan  dan kebutuhan pelanggan agar barang dapat lebih cepat sampai ke tujuan.  Selain itu, dengan pengoptimalan waktu operasional layanan KALOG Express  diharapkan dapat menyumbang peningkatan pendapatan harian khususnya pada hari minggu sebesar 40% dibandingkan saat sebelum beroperasi”, jelas Fredi.

Dengan pola operasi ini, service point KALOG Express kini telah dapat melayani pengiriman paket pada hari minggu, yang sebelumnya hanya melayani pengambilan maupun penerimaan paket yang akan dikirimkan pada hari kerja berikutnya, karena belum tersedianya operasional KA pada hari minggu.

Penyempurnaan layanan ini juga menghidupkan tagline ‘KAI Logistik ispossible’ yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin, dimana dalam hal ini memastikan terwujudnya kebutuhan dan harapan pelanggan dengan tetap memperhatikan kenyamanan pelayanan.

“Pengoptimalan operasional ini merupakan langkah awal kami untuk terus melakukan perbaikan layanan. KAI Logistik akan terus meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Dalam waktu dekat, perseroan akan memperluas jaringan distribusi dengan optimalisasi moda lain untuk melengkapi rute/tujuan lain yang saat ini belum terlayani melalui moda KA yang tersedia”, tutup Fredi.