Img

Pengiriman Motor Diprediksi Meningkat, Pelanggan Dihimbau untuk Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Jakarta, 25 Desember 2024 – PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), salah satu anak usaha KAI, turut berkomitmen untuk mengambil peran dalam menyukseskan logistik nasional di momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Berbagai persiapan telah dilakukan KAI Logistik dalam menghadapi dan mengantisipasi puncak lonjakan pengiriman barang, khususnya pada aspek operasional untuk mendukung pemenuhan kebutuhan dan kelancaran pengiriman barang masyarakat.

KAI Logistik memastikan kesiapan layanan termasuk penguatan konektivitas jaringan layanan distribusi barang. Optimalisasi operasional dilakukan melalui pemaksimalan operasional armada trucking maupun armada lainnya untuk mempercepat dan memperluas proses layanan pengiriman kepada pelanggan.

Lebih lanjut, pengoptimalan layanan berbasis digital KAI Logistik juga menjadi fokus persiapan dalam melayani selama momentum ini. KAI Logistik telah melakukan berbagai langkah mitigasi, baik melalui perawatan atau maintenance system dan juga penguatan jaringan teknologi informasi guna memastikan performa prima pada layanan pengiriman barang retail berbasis digital melalui Aplikasi KAI Logistik Trax.

"Memasuki masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), tren pengiriman barang ritel melalui layanan KALOG Express menunjukkan peningkatan signifikan. "Permintaan pengiriman paket, termasuk sepeda motor, terus meningkat selama periode Nataru yang berlangsung selama 18 hari, mulai dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Peningkatan tertinggi diperkirakan terjadi di Wilayah Timur dengan estimasi kenaikan sebesar 20%, didorong oleh tingginya arus mudik dan berlibur," jelas Dwi Wulandari, VP of Corporate Secretary.

Layanan pengiriman sepeda motor merupakan salah satu layanan favorit pada masa libur Nataru. ‘’Pada masa libur Nataru ini, layanan pengiriman motor biasanya dimanfaatkan oleh mahasiswa yang mudik ke kota asal untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat, maupun wisatawan yang ingin menggunakan sepeda motornya untuk mobilisasi di kota tujuan,’’ lanjut Dwi.

Dalam melakukan pengiriman sepeda motor, pelanggan dapat melakukan pengiriman dengan mengunjungi service point terdekat, atau melakukan pengiriman melalui aplikasi KAI Logistik Trax, di mana akan dilakukan penjemputan sepeda motor oleh petugas sehingga menawarkan kemudahan lebih bagi pelanggan. Untuk memastikan kelancaran pengiriman sepeda motor, pelanggan dihimbau untuk memperhatikan dan memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Mengosongkan tanki bahan bakar

2. Melakukan packing motor untuk keamanan (biaya tambahan)

3. Menyertakan asli STNK sepeda motor, dan pajak kendaraan bermotor dalam kondisi aktif

4. Memeriksa kondisi motor saat motor sampai di tempat tujuan, klaim hanya dapat dilakukan saat pemeriksaan kondisi motor bersama dengan petugas.

“Selama masa libur Nataru, KALOG Express akan libur beroperasi pada tanggal 25, 31 Desember 2024 dan 1 Januari 2025.  Guna menghindari adanya penumpukan pengiriman, kami menghimbau kepada pelanggan agar dapat mengelola pengirimannya dalam waktu yang cukup. Lebih lanjut, dalam memastikan kemudahan akses layanan, pelanggan dapat melakukan cek tarif maupun pelacakan secara real time  melalui website kalogistics.co.id, aplikasi Access by KAI, serta aplikasi KAI Logistik Trax. Pelanggan juga dapat menghubungi customer services yang tetap beroperasi pada masa libur Nataru untuk kemudahan akses layanan informasi,” tutup Dwi.

 

 

Tentang PT Kereta Api Logistik

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan layanan pra dan purna. KAI Logistik fokus pada orientasi bisnis sebagai jasa layanan distribusi logistik terpadu (total logistics solution) melalui “End-to-End Services”. Mengusung tagline KAI Logistik Ispossible yaitu semuanya menjadi mungkin, KAI Logistik menyediakan ragam layanan logistik melalui 3 segmentasi yaitu KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.

KAI Logistik memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penguatan peran penting KAI Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa layanan  distribusi logistik. Informasi lebih rinci dapat diakses melalui www.kalogistics.co.id