Img

Layanan Angkutan KA Peti Kemas Terus Diminati, KAI Logistik Luncurkan KA KALOG 3

Jakarta, 20 Maret 2025 – Di tengah dinamika kondisi perekonomian nasional, industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dan manufaktur relatif menunjukkan pertumbuhan. Permintaan layanan angkutan peti kemas terus menunjukkan tren peningkatan seiring dengan kebutuhan logistik yang efisien dan berkelanjutan. Menjawab kebutuhan tersebut, PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), anak usaha PT KAI (Persero), resmi meluncurkan KA KALOG 3, layanan angkutan peti kemas terbaru yang diharapkan dapat memperkuat kelancaran distribusi barang melalui jalur rel.

Heri Siswanto, Direktur Operasi KAI Logistik, menjelaskan, “Seiring dengan pertumbuhan industri FMCG, manufaktur, dan e-commerce, kebutuhan akan distribusi barang yang cepat dan andal semakin meningkat. Kehadiran KA KALOG 3 dilatarbelakangi oleh pertumbuhan industri, terutama di sektor FMCG  dan manufaktur, yang terus berkembang. Menurut data dari Compas.co.id, nilai penjualan FMCG di      e-commerce pada tahun 2024 meningkat 32%, dan diprediksi akan bertambah sebesar 19% di tahun 2025.[1]

Heri menambahkan bahwa tren peningkatan penjualan FMCG berdampak langsung pada meningkatnya penggunaan moda KA dalam mendukung rantai pasok pengiriman barang. “Moda kereta api menjadi solusi logistik yang lebih efisien bagi perusahaan karena kapasitas angkutnya yang besar, kepastian jadwal, serta keamanan dan keselamatan yang menjadi prioritas. Hal ini tercermin dari peningkatan minat pengiriman barang menggunakan angkutan peti kemas yang meningkat 13% pada tahun 2024, mencapai 2,3 juta ton. Peningkatan ini juga selaras dengan penguatan komitmen dan kesadaran pelaku usaha dalam menjalankan bisnis yang lebih hijau, dan memilih moda KA sebagai transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan” ujarnya.

Menjawab tren permintaan angkutan peti kemas yang terus meningkat, KAI Logistik resmi mengoperasikan KA KALOG 3 mulai 13 Maret 2025 dengan jadwal perjalanan setiap dua hari sekali. Peluncuran layanan ini menjadi bagian dari upaya strategis perusahaan dalam memperkuat jaringan logistik yang lebih efisien, cepat, dan andal. KA KALOG 3 memiliki kapasitas angkut mencapai 30 gerbong datar (60 TEUs) atau setara dengan 1.080 ton dalam satu kali perjalanan. Relasi yang dilayani pun berbeda dari layanan sebelumnya, yakni Sungai Lagoa – Klari – Kalimas, yang dipilih secara strategis untuk mendekatkan titik distribusi ke berbagai kawasan industri utama, termasuk pusat industri yang menampung perusahaan-perusahaan besar di sektor FMCG dan manufaktur. 

“Dengan kapasitas angkut yang besar, KA KALOG 3 diharapkan dapat meningkatkan efisiensi distribusi sekaligus menjadi solusi logistik berkelanjutan. Layanan ini berkontribusi pada konsep green logistics dengan mengurangi emisi karbon, mengoptimalkan moda transportasi ramah lingkungan, serta memperkuat peran kereta api dalam sistem distribusi barang di Indonesia. Lebih jauh, layanan KA Kontainer ini juga akan berdampak pada aspek sosial dan ekonomi di mana mampu mengurangi biaya pemeliharaan jalan karena kerusakan jalan yang berlebih, hingga mengurangi risiko kecelakaan jalan raya. Dengan dampak positif tersebut, KA KALOG 3 diharapkan mampu meningkatkan daya saing angkutan peti kemas dan mendorong peralihan dari moda darat ke kereta api sebagai langkah nyata dalam mendukung transportasi yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi industri nasional,” tutup Heri.

Ke depan, KAI Logistik akan terus melakukan evaluasi dan pemantauan respons pasar terhadap KA KALOG 3. KAI Logistik akan melakukan tindaklanjut termasuk kemungkinan perluasan jangkauan melalui pengembangan rute maupun penambahan kapasitas angkut seiring peningkatan yang diprediksi terjadi. Sebagai bagian dari strategi perluasan layanan angkutan peti kemas, KAI Logistik berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah, memperkuat kolaborasi dengan pelanggan industri, serta mengembangkan fasilitas bongkar muat di stasiun-stasiun strategis. Selain itu, optimalisasi teknologi dan digitalisasi layanan akan terus diterapkan guna meningkatkan efisiensi operasional serta menghadirkan solusi logistik yang lebih andal dan berdaya saing tinggi.

Tentang PT Kereta Api Logistik

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan layanan pra dan purna. KAI Logistik fokus pada orientasi bisnis sebagai jasa layanan distribusi logistik terpadu (total logistics solution) melalui “End-to-End Services”. Mengusung tagline KAI Logistik Ispossible yaitu semuanya menjadi mungkin, KAI Logistik menyediakan ragam layanan logistik melalui 3 segmentasi yaitu KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.

KAI Logistik memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penguatan peran penting KAI Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa layanan  distribusi logistik. Informasi lebih rinci dapat diakses melalui www.kalogistics.co.id