Img

Penandatanganan PKS Dan Launching Angkutan Perikanan Antara KAI Logistik Dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Pada hari ini Rabu (12/10) bertempat di Stasiun Kalimas Surabaya telah dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara KAI Logistik dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Direktur Operasi KAI (D2), Direktur Utama (GU), Direktur Operasi (GO) beserta jajaran dan juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Walikota Surabaya yang diwakili oleh Tunjung Iswandaru selaku Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Plt. Direktur Jenderal PDSPKP dan Eselon I Lingkup KKP, Asisten Deputi Bidang Jasa Logistik, Kementerian BUMN, Eselon II Lingkup KKP dan Kementerian/Lembaga Terkait, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan serta Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Surabaya, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia, Direktur Utama PT Pelayaran Indonesia, Perwakilan Asosiasi, Pelaku Jasa Logistik dan Pelaku Usaha Perikanan, CDD of Freight Marketing & Sales KAI,  EVP Daop 8 Surabaya KAI serta rekan-rekan media.
 
Mengawali rangkaian sambutan, Walikota Surabaya yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyampaikan bahwa Kota Surabaya sebagai salah satu kota pesisir yang memiliki potensi besar dalam pengiriman hasil perikanan dengan sistem one day fishing sebanyak 7.900 ton dari berbagai jenis ikan. Lebih lanjut Plt. Direktur Jenderal PDSPKP berkesempatan menyampaikan laporan, dimana beliau mengungkapkan bahwa Stasiun Kalimas merupakan lokasi titik nol distribusi hasil perikanan kelautan dengan menggunakan moda KA.
 
GU turut menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan KKP terhadap KAI Logistik dan berharap semua yang direncanakan bersama diantaranya Layanan Multimoda, Pengembangan Infrastruktur, Fasilitasi Program Kerjasama dan Kemitraan, Peningkatan Operator dalam Penerapan SRD dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi berbagai pihak.
 
Sementara D2 menyampaikan bahwa KAI sebagai penyedia jasa angkutan akan sangat mendukung kerjasama ini. Untuk menghadapi peluang dan tantangan bisnis yang semakin kompetitif tentunya KAI akan terus mengembangkan bisnis dan pelayanan yang tersedia. Sementara, Antam Novambar selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan turut menyampaikan harapan yang besar atas kerjasama yang telah dijalin ini dan pengiriman hasil perikanan memiliki keuntungan yang besar dengan pengiriman menggunakan moda KA diantaranya harga terjangkau, kepastian waktu dan operator pengiriman yang ramah lingkungan.
 
Usai sambutan dari berbagai pihak, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan PKS yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama dengan GU dan disaksikan oleh Direktur Jenderal PDSPKP, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Direktur Operasi KAI, yang dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata. 
 
Pada kesempatan tersebut turut dilaksanakan doorstop bersama rekan media, serta peninjauan langsung proses lift on container refeer ke Gerbong Datar. Kegiatan diakhiri dengan Launching logistik Perikanan menggunakan moda KA yang ditandai dengan pemberangkatan rangkaian KA dengan muatan 38 TEUS relasi Kalimas – Tanjung Priok. Pemberangkatan dengan semboyan 40 dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan didampingi oleh Direktur Operasi KAI, Direktur Utama KAI Logistik. EVP Daop 8 Surabaya KAI, dan Plt. Direktur Jenderal PDSPKP.