Img

Kunjungan Kerja Ke Melbourne

Dengan hormat,
 

Selama tiga hari pada (9-11/03) KAI Logistik melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Melbourne, Australia dalam rangka kegiatan FAT (Factory Acceptance Test) dan juga dalam kesempatan tersebut dilaksanakan benchmarking dalam pengelolaan kontainer. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Awan Hermawan Purwadinata selaku Komisaris Utama KAI Logistik yang juga menjabat sebagai Direktur Operasi KAI (D2), Bapak Edi Nursalam selaku Komisaris, Direktur Utama (GU), Direktur Operasi (GO), VP Corporate Secretary (GUS), VP Operation (GOP), VP Corporate Planning (GBP) serta SM Wilayah Sumatra (GWS) dan juga turut hadir CF dan CFT.


Kegiatan kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka mempererat silaturahmi dimana KAI Logistik telah melaksanakan kerjasama dengan Tradecorp Indonesia sejak Tahun 2019 dalam penyediaan kontainer batubara khususnya di Wilayah Sumatra dan juga beberapa kontainer untuk kegiatan logistik dengan menggunakan moda KA di Wilayah Jawa. Kunjungan ini merupakan bagian dari bentuk kerjasama yang telah disepakati bersama pada awal kerjasama dan kegiatan ini sempat tertunda dikarenakan pandemi covid-19.


Kunjungan hari pertama diawali dengan peninjauan langsung ke depo kontainer PT Tradecorp International. Dalam kunjungan tersebut, rombongan KAI Logistik berkesempatan melihat langsung bagaimana pengelolaan depo kontainer PT Tradecorp International dengan didampingi oleh Mr. Tony Zarb, Sr selaku CEO Tradecorp International dan Mr. Tony Zarb, Jr selaku CEO Tradecorp Indonesia. Dalam depo tersebut, KAI Logistik melihat secara langsung pengelolaan container, pengoperasian angkat dan angkut container serta melihat jenis-jenis kontainer yang dapat menjadi peluang KAI Logistik dalam penggunaan kontainer untuk kegiatan bisnis seperti container reeferhigh cube container dan lain-lain.

Kegiatan kunjungan hari kedua diawali dengan meeting antara KAI, KAI logistik dan PT Tradecorp International. Dalam meeting tersebut dilakukan pembahasan terkait rencana kerjasama yang lebih luas bersama PT Tradecorp International (TCI). Dalam hal ini TCI menawarkan untuk menjembatani KAI Logistik agar dapat melakukan kerjasama dengan CMA CGM yang merupakan perusahaan global logistics yang berpusat di Australia dan memiliki wilayah operasi kegiatan mencakup 160 negara dengan pendapatan Tahun 2022 sebesar USD 74 milyar.


Selanjutnya kegiatan kunjungan kerja di Melbourne diakhiri dengan sightseeing diantaranya mengelilingi Melbourne City dan juga kunjungan ke Ballarat unutk melihat binatang-binatang spesies khusus yang hanya ada di Australia seperti Kanguru, Koala dan lain-lain.

Dokumentasi terlampir