Img

KALOG Dukung Rencana Pengaktifan Kembali Jalur Kereta Api Barang Stasiun Alastua

JAKARTA: Seiring dengan perkembangan usaha yang signifikan tercatat di industri logistik Indonesia, KALOG antusias menyambut rencana pengaktifan kembali jalur Kereta Api Barang Stasiun Alastua menuju pelabuhan Tanjung Emas yang mampu mengembangkan dan menguatkan bisnis KALOG.

Rencana pengaktifan jalur kereta api barang stasiun Alastua menuju pelabuhan Tanjung Emas ini akan berdampak langsung pada pengurangan beban angkutan melalui jalur darat, sehingga moda angkutan kereta api akan menjadi alternatif unggulan dengan mempertimbangkan efesiensi biaya dan waktu tempuh.

Berdasarkan rencana, Kementrian Perhubungan akan menjalin kerjasama dengan Pemprov Jawa Tengah serta PT Pelindo III cabang Tanjung Emas untuk proyek Pengaktifan Kembali Jalur Kereta Api Barang Stasiun Alastua ini yang akan menjadi akses langsung menuju pelabuhan Tanjung Emas.

Selain pengaktifan kembali jalur kereta api barang, KALOG mendukung rencana alihfungsi stasiun penumpang Alastua menjadi stasiun barang di Semarang untuk melancarkan kegiatan pendisitribusian barang logisitk wilayah Jawa Tengah ke luar daerah. Fasilitas ini tentu menjadi salah satu jawaban kebutuhan bisnis KALOG akan ketersediaan infrastruktur dan fasilitas pendukung.

Stasiun Alastua memiliki lahan seluas 5 HA disebelah selatan jalur kereta api yang dapat dimanfaatkan sebagai area penumpukan kontainer dengan kapasitas lebih dari 1.000 kontainer ukuran 20 kaki.

Oleh: Corporate Communications

Sumber: Bisnis Indonesia, 19.03.14.