Img

KALOG Menjadi Pembicara dalam Webinar Strategi dan Sistem Pengelolaan Transportasi di Masa Pandemi Covid-19

Ikatan Alumni Teknik Industri ITB (IA TI ITB), menyelenggarakan seminar daring pada pekan lalu (02/08) dengan melibatkan beragam elemen masyarakat guna mendiskusikan solusi dan strategi dunia industri menghadapi masa pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi di Indonesia dengan mengusung tema Lesson Learned & Strategi Industri Transportasi dan Logistik di Masa New Normal.

Acara webinar dibuka oleh Ketua Umum IA TI ITB, Ir. Made Dana Tangkas, M.Si., IPU, ASEAN Eng. Dalam sambutannya, Made Tangkas menyampaikan pentingnya mencari solusi dan membuat langkah-langkah strategis untuk mendukung industri transportasi dan supply-chain, serta secara konsisten tetap menjaga penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat atau pengguna jasa.

Selanjutnya, Ketua Umum Ikatan Alumni ITB, Ridwan Jamaluddin yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Kemaritiman dan Investasi menyampaikan dalam sambutannya tentang dukungan riil pemerintah terhadap industri kendaraan listrik nasional, salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Presiden No. 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Secara operasional, hal tersebut diikuti dengan penyusunan peraturan-peraturan menteri terkait.

Webinar kali ketiga ini menghadirkan tiga pemateri yang merupakan pakar di industri transportasi dan logistik. Diantaranya Edi Sudiarto, VP Corporate Planning PT Kereta Api Logistik. Dalam pemaparannya, Edi Sudiarto menyampaikan dampak nyata dari Covid-19 terhadap jasa logistik antara lain turunnya pendapatan Perusahaan akibat menurunnya permintaan pasar seperti angkutan batubara, angkutan containerized, pasar semen, dan lain-lain. Sementara Perusahaan menerapkan strategi dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini diantaranya konsisten menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan, pengembangan kerjasama sinergis, pengembangan organisasi, penciptaan nilai sepanjang rantai pasok bisnis, pengembangan sistem informasi, dan peningkatan kompetensi SDM.

Selain Edi Sudiarto, turut serta pemateri lain diantaranya Ir. Adrianto Djokosoetono, MBA, Direktur Utama PT Blue Bird/Ketua Umum DPP Organda dengan bahasan dampak kerugian yang ditimbulkan Corona terhadap industri transportasi darat Indonesia serta pemateri Veranita Yosephine, Direktur Utama PT Indonesia Air Asia dengan pemaparan terkait dampak pandemi terhadap kelangsungan bisnis AirAsia Indonesia.